ARTIS KORES

Saturday, October 6, 2012

Indikator Kualitas Air Secara Bakteriologis

Pengukuran kualitas air bersih secara bakteriologis dilakukan denganmelihat keberadaan organisme golongan coli (koliform) sebagai indikator.Koliform total telah lama diakui sebagai indikator bakteriologi yang cocok berkenaan dengan kualitas air karena bakteri ini mudah dideteksi dalam air danmudah dikualifikasi. Walaupun hasil pemeriksaan bakteri coli tak dapat secaralangsung menunjukan adanya bakteri patogen, tetapi dapat memberi kesimpulanbahwa kehadiran bakteri coli dengan jumlah tertentu dalam air dapat digunakansebagai indikator adanya jasad pathogen 51Koliform tinja adalah bakteri Gram negatif tidak membentuk spora,tumbuh pada suasana aerobik atau fakultatif anaerob. Bakteri tersebut hidup diusus manusia dan hewan berdarah panas, sedangkan di air dapat tahan hidup padasuhu 20
C selama 1 minggu sampai dengan 1 bulan.
SumberAdanya koliform tinja dalam air adalah berasal dari kontaminasi tinjamanusia atau binatang. Bakteri koliform tinja umumnya terdapat dalam jumlahbesar di usus manusia dan binatang berdarah panas.
Pada penyediaan airyang tidak diolah, pencemaran tinja terjadi tergantung dari aliran airpermukaan atau adanya penyerapan limbah cair rumah tangga ke dalam lapisantanah. Pada air yang diolah, kontaminasi dapat terjadi karena disinfeksi yangtidak memadai atau tingginya kekeruhan air baku.2.
Kadar maksimum yang diperbolehkanIdealnya air bersih atau air minum tidak mengandung mikroorganismepatogen apapun, dan juga harus bebas dari bakteri yang memberi indikasipencemaran tinja. Parameter mikroorganisme adalah koliform total dankoliform tinja. Sebenarnya kedua parameter tersebut hanya berupa indikatorbagi berbagai mikroba yang dapat berupa parasit (protozoa, metazoa, tungau),bakteri patogen dan virus.
Berdasarkan Permenkes. No. 416/MENKES/PER/IX/1990 tentang Syarat-syarat dan Pengawasan Kualitas Air, kadar maksimum yang diperbolehkanpada air bersih , MPN
(The Most Probable Number)
koliform adalah sebesar50/100 ml contoh air untuk air non perpipaan dan 10/100 ml contoh air untuk air perpipaan.Dampak terhadap kesehatanJika air terkontaminasi tinja yang mengandung mikroorganisme patogenmaka akan ada kemungkinan risiko terjadi penularan penyakit, seperti penyakitdiare, kolera, tipus, disentri,hepatitis.

2 comments:

Post a Comment